EMail: dianafitridipi@gmail.com

teach like finland

 

 

Judul : Mengajar Seperti Finlandia (Teach Like Finland)

Penulis : Timothy D. Walker

Jenis Buku : Non Fiksi - Edukasi

Penerbit : Gramedia Widiasarana Indonesia

Tahun Terbit : Juli 2017

Jumlah Halaman :  270 halaman

Harga : Rp. 70.000

ISBN : 9786024520441

Edisi Terjemahan

Penulis Terlaris #1 New York Times

            

Sekelumit Tentang Isi

Finlandia mengejutkan dunia ketika siswa-siswanya yang masih berusia 15 tahun berhasil mencatatkan skor ter tinggi di penyelenggaraan pertama PISA (Programme for International Student Assessment), pada 2001. Ujian itu meliputi penilaian keterampilan berpikir kritis di Matematika, Sains, dan membaca. Hingga kini, negara mungil ini terus-terusan memukau. Bagaimana pendidikan Finlandia yang jam pelajarannya pendek, PR-nya tidak banyak, dan ujiannya tidak begitu terstandardisasi, dapat “mencetak” siswa-siswa dengan prestasi yang sangat baik? 

Ketika Timothy D. Walker mulai mengajar kelas 5 di sebuah sekolah negeri di Helsinski, ia mulai mencatat rahasia-rahasia di balik kesuksesan sekolah- sekolah Finlandia. Walker menuliskan rahasia-rahasia ini, dan artikel-artikelnya di Atlantic kerap menuai tanggapan antusias. Dalam buku ini, ia mengumpulkan semua temuan tersebut, dan menjelaskan pada para pengajar, cara untuk mengimplementasikannya. 

Buku ini memuat strategi dan anjuran-anjuran yang sangat mudah dipraktikkan dari sistem pendidik an kelas dunia

Yuk kita intip daftar isinya

  1. Kesejahteraan

Jadwal istirahat otak

Belajar sambil bergerak

Recharge sepulang sekolah

Menyederhanakan ruang

Menghirup udara segar

Masuk ke alam liar

Menjaga kedamaian

  1. Rasa Dimiliki

Mengenal setiap anak

Bermain dengan murid-murid

Merayakan pembelajaran mereka

Mengejar mimpi kelas

Menghapus perisakan (bullying)

Berkawan

  1. Kemandirian

Mulai dengan kebebasan

Meninggalkan batas

Menawarkan pilihan

Buat rencana bersama siswa Anda

Buat jadi nyata

Tuntutan tanggung jawab

  1. Penguasaan

Ajarkan hal-hal mendasar

Gunakan buku pegangan

Manfaatkan teknologi

Memasukkan musik

Menjadi pelatih

Buktikan pembelajaran

Mendiskusikan Nilai

  1. Pola Pikir

Mencari flow

Berkulit tebal

Kolaborasi lewat kopi

Menyambut para ahli

Melepaskan diri untuk berlibur

Jangan lupa bahagia

 

Selama beberapa tahun bekerja dan tinggal di Finlandia, Walker berhasil mengidentifikasi langkah-langka yang dapat digunakan pendidik untuk mempromosikan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan. Raj Raghunathan, profesor dari Sekolah McCombs, Universitas Texas di Austin dan pengarang If You’re So Somar, Why Aren’t You Happy (2016), mengajukan 4 bahan kebahagiaan (jika kebutuhan dasar seperti makanan dan papan telah terpenuhi): rasa memiliki (keterlibatan), kemandirian, penguasaan, dan pola pikir (Pinsker, 2016). Satu bahan yang Walker tambahkan ke dalam daftar ini adalah kesejahteraan, yang ia lihat sebagai fondasi untuk mengembangkan komponen lainnya. Dalam buku ini, Walker telah menyusun 33 strategi sederhana terkait 5 bahan kebahagiaan yang diterapkan dalam konteks kelas yang menyenangkan.

Halaman xxix

 

Buku ini tidak hanya tepat untuk dibaca untuk mereka yang bergelut di bidang pendidikan tapi oleh kita semua yang peduli pada edukasi.

 

Seputar Fisik Buku dan Disainnya

teach like finland

Kalau yang suka model sampul bercorak ceria dengan ilustrasi gambar ke-kartun kartunan pasti suka dengan disain cover buku ini seperti saya. Cocok juga ya cover dengan isinya yang tentang "sekolah anak-anak."

Bukunya termasuk tipis menurut saya. Tidak ada gambar ilustrasi di dalamnya, dan ukuran huruf cenderung kecil. 

 

Opini

Buku ini terasa sekali menarik untuk disimak saat terbaca oleh saya fakta ini untuk yang pertama kalinya.

Lebih lanjut lagi, tampak bahwa di Finlandia, pencapaian siswa di antara sekolah-sekolah yang berbeda kurang bervariasi, dan bahwa pembelajaran anak-anak di sekolah tidak terlalu dipengaruhi latar belakang keluarga dibandingkan negara lainnya. Di atas semuanya itu, orang Finlandia sepertinya dapat mencapai hasil yang mengagumkan ini hanya dengan belajar di sekolah yang masuk kategori sederhana. Tidak heran dunia pendidikan dibuat bingung.

Halaman xiii

Di sekolah Finlandia, guru dan siswa normalnya memiliki istirahat 15 menit setiap 1 jam pelajaran, dan berdasarkan pengalaman Johanna, sebagian besar pendidik akan menghabiskan istirahat mereka di lounge- meminum kopi, bercakap-cakap dengan rekan kerja, dan membolak-balik majalah. Ini kedengarannya, berdasarkan pengalaman mengajar Amerika saya, sangat tidak masuk akal.

Halaman xxii

 

Gaya penulisan Walker yang luwes, apa adanya, dan ada humornya membuat saya bisa menyimak isi buku fiksi ini layaknya menyimak jalan cerita novel. Tak heran juga sih, Walker memang menceritakan pengalaman realnya saat menjadi guru di suatu sekolah di Finlandia, jadi gaya penulisannya benar-benar naratif.

Sesaat memasuki tempat istirahat, saya melihat sesuatu yang mirip dengan apa yang saya temukan ketika berkeliling taman di pusat kota Helsinski. Banyak rekan guru yang sedang menyeruput kopi, membolak-balik surat kabar, dan bercakap-cakap santai satu dengan lainnya.

Dan, beberapa kali, ketika saya melewati tempat itu, saya mendengar mereka tertawa terbahak-bahak. Saya pun jadi mulai curiga jangan-jangan mereka semua malas.

Halaman 2

Sebagai guru baru yang mengajar di kelas, saya menghabiskan 12 jam sehari, dan mungkin karea ini saya berpikir saya adalah guru yang lebih baik daripada teman Johanna. Tetapi ketika tahun ajaran berakhir, saya sadar betul saya seorang pendidik yang lebih payah. Saya mengalami apa yang dinamakan kurangnya keseimbangan antara kerja dan hidup, dan saya merasa sangat tertekan serta penuh dengan kecemasan. Yang paling parah, pekerjaan mengajar tidak lagi menyenangkan, dan rasa ketidakpuasan saya rupanya berimbas pada siswa saya. Anak-anak kecil itu kadang terlihat nelangsa juga.

Halaman xxiii

 

Bukan cuma informatif, tapi juga menghibur, biasanya ini karena ditunjang pula oleh kualitas terjemahannya yang bagus.

Para pendidik di Sekolah Dasar Eagle Mountain di Forth Worth, Texas, melaporkan suatu perubahan yang signifikan dalam diri siswa, yang mendapatkan 4 kali istirahat 15 menit setiap hari; sebagai contoh, mereka menjadi lebih fokus, dan mereka jarang mengeluh lagi. Seorang guru kelas satu bahkan melihat bahwa siswanya berhenti mengunyah-ngunyah pensil (Connelly, 2016).

Halaman 10

 

Banyak hal yang saya baca di buku terasa sekali kebenarannya di kehidupan pendidik di dunia nyata. Sebagai seseorang yang pernah bekerja sebagai guru di sekolah, saya pun merasakan apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh Walker.

Guru mana pun, setidaknya yang punya pengalaman mengajar 1 tahun penuh, tahu bahwa mengajar lebih seperti lari marathon daripada lari sprint.

Halaman 26

Hanya karena para guru dapat merasakan tujuan pembelajaran yang kuat di dalam kelas, namun tidak dengan para siswa mereka. Anak-anak, yang saya temukan, selalu memerlukan bantuan kita untuk melihat apa hubungan antara pekerjaan rumah mereka dengan “dunia nyata”.

Halaman 117

 

Sekali lagi apa yang dituturkan oleh Timothy D. Walker mengingatkan saya pada pengalaman pribadi saya saat menjadi guru dahulu.

Di tahun 2014, para peneliti dari Universitas Carnegie Mellon mengeksplorasi ide ini, dengan menyelidiki bagaimana ruang kelas yang terlalu banyak dekorasi berpotensi membuat anak-anak sulit fokus pada pelajaran.

Halaman 32.

#dulu di kelas yang saya ajar juga ada papan dekornya. Dan beberapa anak memang tampak lebih tertarik melihat papan daripada mengikuti kegiatan kelas, terutama anak-anak yang mudah terdistraksi perhatiannya. 

 

Buku ini berisi trik tips dan solusi yang jelas dan dapat diikuti. Dalam setiap penyampaian topik, selalu ada poin-poin yang bisa kita ambil untuk diaplikasikan.

Berikut ini beberapa kegiatan yang pernah saya buat dengan anak-anak sekolah dasar di Boston: menuliskan observasi dan menyelidiki jurnal-jurnal sains mengenai obyek alami (seperti batu, buah pohon cemara, dan bulu unggas) yang ditemukan di lapangan sekolah, mendokumentaskan kehidupan liar di sekitar halaman sekolah menggunakan kamera digital dan mengunggah foto-foto ke panduan online kami, serta mengumpulkan objek-objek alami, menguraikan dedaunan dan batu-batu besar, untuk diletakkan di habitat kecebong. Saya menyarankan Anda untuk mulai memikirkan tempat-tempat alami yang dapat digunakan yang mungkin jaraknya dapat ditempuh dengan berjalan dari sekolah Anda.

Halaman 45

 

Ada pula semacam informasi yang memberitahu pembaca bahwa bab yang bersangkutan akan menjelaskan tentang hal apa berikut poin poin penting bahasannya.

Bab ini terdiri dari 6 strategi untuk membina sudut pandang abundance-oriented dalam pengajaran kita, semua hal yang terinspirasi dan pengamatan saya terhadap para pendidik Finlandia saat menerapkan beberapa pendekatan dalam pekerjaan mereka: mencari flow, berkulit lebih tebal, kolaborasi lewat kopi, menyambut para ahli, dan jangan lupa bahagia. 

Halaman 170

 

Dan sebagai penutup, sebuah kalimat sederhana ini sangat mengena, yakni baik pendidik maupun peserta didik harus merasa bahagia dalam melaksanakan kegiatan pendidikan.

Strategi paling penting dalam buku ini sebenarnya adalah sesuatu yang paling sederhana. Jangan lupa bahagia.

Halaman 190

 

 

Mengingat model penulisannya yang naratif sekali mungkin ada beberapa yang cepat lelah untuk menyimak isi buku. Akan lebih mudah kalau ada poin-poin singkatnya sebagai ringkasan misalnya.

 

Siapa Timothy D. Walker

Timothy D. Walker adalah seorang guru berkebangsaan Amerika, yang saat ini tinggal di Finlandia. Ia telah banyak menulis mengenai pengalamannya mengajar, untuk berbagai media, antara lain Education Week Teacher, Educational Leadership, dan juga melalui blognya, yaitu Taught by Finland

 

Buku Teach Like Finland mendapatkan rating 3.87 di Goodreads dan 4.4 di Amazon.

 

Rekomendasi

Buku ini saya rekomendasikan kepada semua orang terutama yang peduli pada dunia pendidikan, yang ingin mengetahui dan mendapatkan solusi model pendidikan yang lebih mandiri dan inkuiri untuk peserta didiknya serta membawa kebahagiaan pada mereka semua yang terlibat di dalam kegiatannya. Buku ini tidak cuma berisi teori, tapi juga aplikatif, dan dibawakan dalam gaya penulisan yang luwes serta diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia pula dengan baik.

My Rating : 5/5

 

Review Buku The Rosie Effect - Graeme Si…

10-10-2018 Hits:49 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : The Rosie Effect Penulis : Graeme Simsion Jenis Buku : Non Fiksi – Romance Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : Januari 2018 Jumlah Halaman :  464 halaman Dimensi Buku :  13.5 x 20 cm Harga...

Read more

Owsa, Hijab Nyaman dan Trendi

04-10-2018 Hits:63 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Ini judul sejujurnya ga muluk-muluk. Believe it or not, untuk urusan hijab, saya merasa diri saya sebagai seseorang yang cukup konservatif, bahkan bisa dibilang kurang up date. Mungkin juga karena secara karakter...

Read more

Review Buku My Absolute Darling - Gabrie…

01-10-2018 Hits:107 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : My Absolute Darling Penulis : Gabriel Talent Jenis Buku : Novel thriller - fiksi Penerbit : Riverhead Books Tahun Terbit : Agustus 2017 Jumlah Halaman :  432chalaman Dimensi Buku : 22.86 x 16.00 x 3.56 cm Harga...

Read more

Review Buku Who Says You Can't Do? You D…

24-09-2018 Hits:109 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Who Say You Cant Do? You Do Penulis : Daniel Chidiac Jenis Buku : Non Fiksi – Self Improvement Penerbit : Harmony Tahun Terbit : Januari 2018 Jumlah Halaman :  368 halaman Dimensi Buku :  20.32 x...

Read more

Review Buku Rainbirds - Clarissa Goenawa…

12-09-2018 Hits:270 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Rainbirds Penulis : Clarissa Goenawan Jenis Buku : Novel - Fiksi Sastra Penerbit : Gramedia Tahun Terbit : 2018 Jumlah Halaman :  400 halaman Dimensi Buku :  20 cm Harga : Rp. 89.000 ISBN : 9786020379197 Edisi...

Read more

Review Buku The President is Missing - B…

12-09-2018 Hits:183 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : The President is Missing Penulis : Bill Clinton & James Patterson Jenis Buku : Fiksi Penerbit : Penguin Random House Tahun Terbit : Juni 2018 Jumlah Halaman :  513 halaman Harga : Rp.235.000 ISBN :...

Read more

Review Buku With The End in Mind - Kathr…

12-09-2018 Hits:152 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : With The End in Mind – Dying, Death, and Wisdom in an Age of Denial Penulis : Kathryin Mannix Jenis Buku : Non Fiksi Penerbit : Harper Collins Publisher Tahun Terbit : 2017 Jumlah...

Read more

Review Buku The Girl With All The Gifts …

12-09-2018 Hits:175 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : The Girl With All The Gifts Penulis : M.R. Carey Desain Sampul : Agung Wulandana Jenis Buku : Novel – Sci Fiction - Horor Penerbit : Mizan Fantasi Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman...

Read more

Review Buku Semua Anak Bintang - Munif C…

11-09-2018 Hits:160 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Semua Anak Bintang Menggali Kecerdasan dan Bakat Terpendam dengan Multiple Intelligences Research (MIR) Penulis : Munif Chatif Jenis Buku : Non Fiksi – Psikologi & Pendidikan Anak Penerbit : Kaifa Tahun Terbit : Juli 2017 Jumlah...

Read more